Alasan Mengapa Menulis/ngeblog itu Baik dan Bermanfaat

 Blogging
banner 468x60

Tidak semua orang pandai menulis dan tidak banyak juga orang yang berminat untuk menulis. Menulis untuk diri sendiri dan konsumsi untuk diri sendiri belakangan kerap dilakukan di dalam buku atau sebuah diari atau catatan harian. Namun, kelihatannya kebiasaan yang seperti itu sudah jarang sekali orang yang melakukannya. Hal ini mungkin salah satunya disebabkan oleh maraknya pengguna layanan jejaring sosial untuk pertemanan yang selalu bisa menjadi tempat bagi mereka yang sedang galau;banyaknya penyedia layanan blog gratis makin membuat orang meninggalkan catatan kertas mereka dan beralih menulis ke jejaring sosial atau mungkin di dalam blog pribadi mereka.

Jika pun mereka beralih, itu tidak menjadi sebuah masalah. Mereka tetap berkarya hanya saja dalam wadah yang berbeda. Mereka meyakini betul bahwa menulis merupakan sesuatu yang bermanfaat untuk mereka. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa menulis itu sangat menyenangkan!

Adapun beberapa alasan mengapa menulis itu bermanfaat dan menyenangkan antara lain:
Alasan Mengapa Menulis/ngeblog itu Baik dan BermanfaatKronologi masa lalu. Sama halnya dengan album foto yang merekam suatu peristiwa yang sudah lewat tentunya. Entah itu setahun lalu, atau bahkan puluhan tahun lalunya, ketika kita melihatnya sekarang membuka lembaran demi lembaran, kafila masa lalu Anda akan bercerita dalam benak Anda tentang kejadian saat itu. Anda mungkin saja tersenyum, tertawa terbahak-bahak atau bahkan menangis terseduh-seduh, saat melihat rekaman obyek tersebut. Begitu pula dengan menulis. Anda akan mudah mengingat kembali apa saja yang telah Anda lalui, bukan saja kejadian apa yang Anda lalui tapi perasaan Anda pada saat itu juga dapat Anda ketahui dengan begitu kita dapat teringat kembali akan masa lalu Anda secara berturut-turut.

Mencegah serta menghilangkan stress. Pada saat Anda mencintai seseorang dan menunggu waktu yang tepat untuk mengutarakan perasaan cinta Anda padanya. Anda kemudian mendapatkan sebuah moment yang tepat, namun pada saat yang bersamaan Anda didahului oleh orang lain (dilambung kiri kasi’) yang telah mengutarakan cintanya di depan kedua mata Anda, kemudian dengan spontan orang yang Anda sukai itu menerima cinta orang yang telah mengatakan cinta padanya. Bagaimanakah perasaan Anda? Pernahkah Anda merasakan perasaan dimana Anda ingin mencabut kenangan Anda yang buruk kemudian mengubur atau bahkan membakarnya? Mungkin Anda akan pergi rekreasi dengan teman-teman Anda; minum sampai teler, asal jangan bunuh diri. Kebanyakan orang mungkin akan memutar lagu patah hati kemudian bernyanyi sambil berlinang air mata…. itu alay namanya. Namun, salah satu yang bisa Anda lakukan ialah menulis. Dengan menulis Anda tidak dilarang oleh siapapun untuk melakukannya, apakah Anda ingin mengumpat caci iblis yang telah merebut pujaan hati Anda atau mungkin Anda ingin menulis hal-hal apa saja yang menyebabkan Anda gagal dalam memperjuangkan cinta, itu akan lebih penting. Jelasnya menuangkan perasaan Anda tanpa ada batasan Anda untuk mengatakan apa jasa dapat menjadi pelampiasan perasaan Anda akan suatu hal.

Mengisi waktu luang. Bagaimana cara Anda mengisi waktu luang Anda? Tidur? Atau mungkin nongkrong sama teman? Dan lain-lain. Ada baiknya Anda mengisinya dengan sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat, salah satunya dengan menulis.

Tabungan pahala. Orang menulis dengan tujuan berbagi dengan orang lain itu merupakan sebuah pahala jika tidak percaya silahkan baca kembali kitab agama Anda. Saat seseorang kebingungan mencari informasi atau bahkan orang yang buta akan informasi, kemudian Anda datang menawarkan informasi yang kebetulan sangat dia butuhkan dan bermanfaat untuknya, maka satu poin pahala untuk Anda. Selain itu juga Anda akan mendapatkan sebuah penghargaan paling tidak ucapan terima kasih atau mungkin Like dari orang yang membaca tulisan Anda.

Menghasilkan. Selain hobby, menulis juga dapat menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Mulailah blogging; teguk secangkir kopi dan bersahabat dengan para member komunitas blogger maros.

Ada sesuatu. Saya bingung mau mengatakan ini bagaimana. Rasanya seperti ini. Pada suatu sore saat matahari terbenam malu-malu memancarkan sinar hangatnya mengintip di selah-selah jendela, membangunkan Anda saat tidur lelap. Kemudian Anda bangkit berbenah diri. Di depan Anda terbuka lebar sebuah tulisan dalam sebuah buku dengan kertas lembut membelai-belai mata Anda berkat angin. Kemudian Anda membacanya serius. Setelah Anda membacanya Anda terkagum-kagum dengan karya tulis tersebut yang mampu menggugah perasaan Anda; meneror batin Anda. Akhirnya perasaan sesuatu itu muncul, yaitu perasaan ketika Anda mengetahui bahwa tulisantersebut ternyata merupakan hasil dari pemikiran Anda sendiri. (Samad Dadrana – bassicor.blogspot.com)

banner 468x60

Author: 

Elo Elo Nu

One Response

  1. Ryan DjideSeptember 19, 2015 at 4:18 amReply

    Gan bisa ngga saya ikut komunitas nya? tapi saya jauh dari maros, saya ada di kotamobagu, tepatnya di sulawesi utara.

Leave a Reply